Menjadi Presenter Matematika dan Motivator


Sekarang saya mau menulis tentang sesuatu hal yaitu saya membayangkan sebagai seorang motivator dan presenter dalam bidang Matematika.
“ Bapak /Ibu yang saya hormati,
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadiarat Tuhan yang maha Pengasih dan Penyayang bahwa pada hari ini kita dapat berkumpul dalam acara Seminar Matematika atau lebih tepatnya saya lebih suka mengatakan : Curah Pengalaman
Mohon maaf saya berdiri di depan Bapak/Ibu sekalian bukan untuk menggurui tetapi yang seperti saya katakana tadi adalah saya akan membagikan apa yang aku punya , pengalaman ku  mengajar, mengerjakan soal dan permainan-permainan dalam matematika, jadi lebih tepatnya kita di sini sharing (berbagi).
Baiklah, saya akan bagi pertemuan ini dalam beberapa tahapan atai sesi :
  1. Motivasi untuk siswa di awal pelajaran tahun ajaran baru
  2. Kuis Soal Matematika : Siapa Cepat dia dapat
  3. Pembuktian beberapa Rumus Cepat
  4. Tanya –Jawab
Sesuai dengan jadwal yang sudah dibagikan panitia : Pkl. 09.00 – 12.00 ( sesi 1 & 2)
Kemudian Istirahat / solat dan makan siang : Pkl. 12.00 – 13.00. Kemudian Pkl. 13.00 – 15.00 ( untuk sesi 2 dan 3).
Baiklah Bapak/Ibu saya langsung memulai dengan sesi yang pertama : Motivasi untuk Siswa. ( Saya akan membawakan secara langsung dengan simulasi bahwa Bapak/Ibu sebagai siswa, mohon interaktif agar pengajaran ini berhasil)
Selamat Pagi anak-anakku semua…., apa kabar…?
Dalam satu tahun ini kita akan sama-sama belajar Matematika.
Namun untuk 2 jam pelajaran ini kita tidak langsung belajar materi yang ada di buka Paket yang sudah kalian miliki, kesempatan ini akan kita gunakan untuk bermain-main logika dan juga hal-hal yang ingin kalian ketahui dengan cara-cara mengajar bapak.
Mengenai buku pegangan kalian sudah memilikinya, dan untuk catatan perlu minimal dua buku tulis, yang satu untuk catatan dan latihan dan yang satunya lagi untuk khusus tugas yang dikumpulkan, bagi yang ingin memisahkan latihan di kelas dengan buku tulis tersendiri boleh saja.
Kemudian hal- hal yang harus kalian ketahui tentang cara atau keinginan bapak dalam proses belajar mengajar adalah :
i.                     Pada saat bapak mengajar alias siaran langsung tidak diperkenankan berbicara dengan temannya, harus focus ke bapak dan boleh interupsi kalau ada penjelasan yang tidak dipahami, tidak harus menunggu bapak selesai bebicara asalkan menyangkut topic yang dubicarakan
ii.                   Anak-anak harus berani bertanya, materi yang tidak mengerti minta diulangi atau bertanyalah, malu bertanya susah menjawab.
iii.                  Dalam belajar matematika penuh kejujuran dan tanggung jawab, artinya kalau ada pertanyaaan yang bapk tidak bisa jawab, bapak harus mengatakan bapak tidak bisa menjawab soal ini, tetapi bapak janji akan berusaha menanyakan teman bapak yang ada di Tasikmalaya yang mungkin bisa menjawabnya, kalau tidak ada akan menghubungi teman bapak yang di Propinsi atau Pusat Jakarta.
iv.                 Setiap tugas yang diberikan harus dikerjakan dan kalau ulangan kerjakanlah dengan kejujuran, karena bapak sudah berpengalaman, tahu mana hasil yang asli atau contekan atau niron dari temannya, kadang-kadang bapak cross chek dengan maju ke depan mengerjakan soal yang sama.
v.                   Namun kalian tidak perlu takut itu semua proses, pengalaman masa lalu kalian di SD, SMP, yang tidak baik segera tinggalkan dan perlakuan gurumu saat itu dengan hukuman, berdiri, ucapan kasar, sudah bertanya malah di goblok-golokin, bapak janji dan berusaha tidak akan kalian dapatkan karena bapak akan berusaha mengajar kalin dengan segala kemampuan yang saya miliki asalkan kalian semuanya sungguh-sungguh dan mau bertanya kalau tidak tahu.
Sekarang kita masuk pada bagian mengasah otak melalui soal-soal sederhana dan bentuk-bentuk permainan : Semua diharapkan aktif menjawab, karena saatnya potensi kalian mau digali, mungkin selama ini belum diasah nah sekarang saatnya kalian tunjukkan bahawa kalian bisa dan mampu, tidak semuanya penyelesaian dengan rumus, cukup dengan nalar atau logika yang baik sudah bisa.
  1. Pada suatu sore hari yang cerah, ada seorang Pak Tua lagi mencangkul di ladangnya, tiba-tiba segerombolan burung melintas di atasnya, kemudian Pak Tua berseru, hei burung seribu…., kemudian ketua kelompok burung itu menyahut , hei Pak Tua kami tidak ada seribu, kami ada seribu kalau 3 kali jumlah kami itupun harus di tambah dengan Pak Tua. Pertanyaannya: berpakah jumlah burung tersebut?
  2.  Pak Broto Penjual Minyak Tanah
Pada Jaman sebelum kemerdekaan, Pak Broto menjual minyak tanah dengan dua alat ukur yaitu yang berukuran 3 liter dan 5 liter, dan dia punya tong minyak yang cukup besar tempat minyak yang mau dijual. Kemudian seseorang beli minyak 4 liter, bagaimanakah caranya Pak Broto mendapatkan isi yang 4 liter?
  1. Tersedia 9 koin, warna sama , tebal sama, dan ada satu yang palsu yang beratnya lebih dari yang asli dan hanya boleh di deteksi dengan neraca khusus.
Bagaimana cara nda menemukan yang palsu hanya boleh menggunakan neraca ganda ini dua kali saja.
  1. Tersedia tiga ukuran yang berisi 8 liter, 5 liter dan 3 liter. Apabila beras terisi 8 liter penuh, bagaimana caranya agar terbagi dua, 4 liter di tempat yang 8 liter dan 4 liter lagi di tempat yang 5 liter dan yang isi 3 liter dapat digunakan sebagai alat bantu.
  2. Ok, sekarang kita lebih asyik lagi , kita akan mainkan yang sering di tampilkan di TV oleh Deddy Courbuzer dan Joshandy, sekarang bapak akan menebak tanggal lahir kalian masing-masing, tetapi ada satu syaratnya, harus bisa berhitung jumlah kali dan bagi, dan kalau kalian salah menghitung bapak juga tahu, ok ..siap….
Ingat tanggal lahir masing-masing, jangan diberi tahu dulu nah tanggal lahir kali dua, tetap dalam hati jangan beritahu, sampai berkahir nanti kalian beri tahu hasil akhirnya saja, sudah, kemudian hasilnya tadi tambahkan 3, sudah,…., kemudian kalikan dengan lima…, bagi yang sudah selesai sebutkan nama dan jumlahnya berapa..?
  1. Permaianan ini kita sebut “ KINGRAMSES”
Cara bermainnya : tentukan sebuah bilangan terdiri dari 3 digit yang berbeda, kemudian baliklah ( misalnya : 458 menjadi 854 ), kemudian kurangkan bilangan yang besar kurangi dengan bilangan yang kecil, kemudian balik lagi, dan jumlahkan kedua bilkangan terkhir itu, ok.., nah ini instruksi yang terakhir, hasil terakhir tadi kalikan dengan 111. Bagi yang sudah selesai dan benar : substitusikanlah angka-angka itu dengan huruf berikut : K = 1, I = 2, N = 3, G = 4, R = 5, A = 6, M = 7, S = 8, E = 9, dan S = 0.
Kemudian bacakanlah hasinya….